Mengenal Lantai Vinyl: Jenis, Kelebihan, dan Cara Perawatannya

Lantai vinyl menjadi pilihan yang populer untuk menghias lantai rumah atau tempat bisnis karena memiliki berbagai keunggulan. Bahan ini mudah dipasang, tahan lama, serta mudah dirawat. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai jenis-jenis lantai vinyl, kelebihannya, serta tips dalam merawatnya.

Jenis Lantai Vinyl

  1. Lantai Vinyl Berbahan PVC

Lantai vinyl berbahan PVC merupakan jenis lantai vinyl yang paling umum dan paling terjangkau. Lantai vinyl ini terdiri dari beberapa lapisan, yang terdiri dari lapisan pelindung, lapisan dekoratif, lapisan kertas, dan lapisan basis. PVC sangat mudah dipasang, tahan air, serta tidak mudah rusak.

  1. Lantai Vinyl Berbahan Linoleum

Lantai vinyl berbahan linoleum terbuat dari campuran bahan alami seperti kayu, serat, dan lilin, sehingga lebih ramah lingkungan. Lantai vinyl ini tahan lama dan mudah dirawat. Namun, linoleum kurang tahan air dan mudah tergores.

  1. Lantai Vinyl Berbahan Keramik

Lantai vinyl berbahan keramik memiliki tampilan seperti keramik asli, namun lebih murah dan mudah dipasang. Lantai vinyl ini tahan air dan lebih tahan lama dari jenis vinyl lainnya.

Kelebihan Lantai Vinyl

  1. Mudah Dipasang

Salah satu kelebihan lantai vinyl adalah mudah dipasang. Bahkan, banyak produk lantai vinyl yang dilengkapi dengan sistem klik yang memudahkan pemasangan. Anda dapat memasang lantai vinyl sendiri tanpa harus memanggil jasa instalasi.

  1. Tahan Lama

Lantai vinyl terkenal tahan lama dan awet. Bahan ini tidak mudah rusak dan tidak cepat aus seperti jenis lantai lainnya. Lantai vinyl dapat bertahan hingga 10-20 tahun dengan perawatan yang baik.

  1. Mudah Dirawat

Lantai vinyl sangat mudah dirawat. Anda hanya perlu menyapunya dengan sapu atau menyeka dengan kain lembab untuk membersihkannya. Anda juga dapat membersihkan lantai vinyl dengan sabun cuci piring atau cuka untuk membersihkan noda membandel.

Tips Merawat Lantai Vinyl

  1. Hindari Benda Tajam

Lantai vinyl mudah tergores, jadi hindari menggosoknya dengan benda tajam seperti pisau atau gunting. Pastikan juga untuk tidak menaruh benda berat di atas lantai vinyl.

  1. Bersihkan Secara Rutin

Membersihkan lantai vinyl secara rutin akan mempertahankan kualitasnya. Anda dapat menyapunya setiap hari atau menyeka dengan kain lembab setiap minggu.

  1. Hindari Air Berlebih

Lantai vinyl tahan air, namun terlalu banyak air dapat merusak lantai vinyl. Pastikan untuk membersihkan tumpahan air dengan cepat dan menghindari penggunaan air berlebih saat membersihkannya. Anda juga dapat menggunakan lap kering untuk mengeringkan lantai vinyl setelah membersihkannya.

  1. Gunakan Perlindungan

Untuk menghindari goresan dan kerusakan pada lantai vinyl, gunakan perlindungan seperti karpet atau alas kursi. Pastikan perlindungan tersebut juga tidak mengandung bahan yang dapat merusak lantai vinyl.

  1. Hindari Paparan Matahari Langsung

Lantai vinyl juga dapat terpengaruh oleh paparan sinar matahari langsung yang berlebihan. Pastikan ruangan terlindungi dari sinar matahari langsung dengan menggunakan tirai atau jendela dengan filter UV.

Dengan mengetahui jenis dan kelebihan dari lantai vinyl serta cara merawatnya, Anda dapat memilih jenis lantai vinyl yang sesuai dengan kebutuhan dan budget. Pastikan untuk membeli dari penjual terpercaya dan memilih warna dan motif yang sesuai dengan desain interior rumah atau bisnis Anda.

PT. KURT INDO JAYA
Telp: (021) 5973 1105
WhatsApp:
 081296003255
Instagram: @berenfloor

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *