Mengapa Lantai Vinyl Menjadi Pilihan Populer Di Kalangan Pemilik Properti

Lantai menutupi permukaan terbesar di properti atau rumah mana pun, menjadikannya salah satu keputusan penting yang perlu Anda buat. Oleh karena itu, memilih opsi terbaik untuk lantai harus dilakukan setelah Anda melakukan penelitian menyeluruh. Itu juga tergantung pada preferensi estetika Anda, penggunaan sehari-hari, dan juga anggaran.

Meskipun Anda mungkin tidak terlalu sering memikirkannya, lantai Anda sering digunakan setiap hari. Dari menjalankan anak-anak dan hewan peliharaan hingga furnitur bergeser dari waktu ke waktu, itu pasti berpengaruh pada lantai.

Jika Anda secara aktif mencari jenis lantai yang tahan lama, kami siap membantu. Pada artikel ini, kita akan menyelami opsi lantai vinil dan mengapa ini menjadi pilihan paling populer di industri lantai saat ini.

Apa itu lantai vinyl?
Bagus untuk properti perumahan dan komersial, lantai vinil adalah pilihan lantai yang efisien, layak, dan hemat biaya. Memasang vinil adalah tugas DIY – ini relatif mudah karena cenderung berperekat yang berarti tidak perlu memalu atau menggergaji.

Lantai vinil adalah jenis penutup lantai sintetis. Itu terbuat dari plastik atau polivinil klorida (dikenal sebagai PVC). Vinyl dibuat dengan beberapa lapisan bahan yang telah dipanaskan dan ditekan menjadi satu untuk membentuk penutup lantai yang sangat tahan lama. Vinyl sepenuhnya sintetis, menjadikannya pilihan yang lebih murah untuk lantai Anda.

Lantai vinil telah berkembang jauh sejak pertama kali dikembangkan beberapa dekade yang lalu. Saat ini, lantai vinil dapat dirancang untuk menambah warna dan tekstur agar menyerupai berbagai bahan lantai seperti kayu keras, batu kasar, atau bahkan ubin keramik!

Mengapa lantai vinyl menjadi pilihan populer saat ini?
Ada banyak alasan di balik meningkatnya minat ini, antara lain daya tahan, perawatan bebas repot, dan faktor biaya. Berbeda dengan tikar PVC tipis yang biasanya ditemukan di rumah tradisional tua, lantai vinil modern hadir dengan desain dan sentuhan akhir yang dapat meniru lantai kayu keras atau ubin keramik yang mahal.

Selain nilai estetikanya, lantai vinyl diproduksi dengan beberapa lapisan, yang membuatnya nyaman untuk dipijak. Tidak hanya meningkatkan tampilan dan nuansa rumah dengan biaya yang lebih murah, tetapi juga membutuhkan sedikit perawatan – yang dapat menjadi poin kunci mengapa rumah ini begitu populer saat ini!

Tapi lantai vinil juga memiliki kekurangan. Jadi, jika Anda mempertimbangkan untuk membeli lantai vinil untuk rumah Anda, baca terus dan buatlah keputusan yang tepat untuk rumah Anda.

Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan lantai vinil

Jenis kamar
Saat memutuskan untuk memasang lantai vinil, pikirkan di mana Anda ingin memasangnya. Apakah itu dapur? Tempat cuci? Ruang makan? Atau mungkin kamar tidur? Meskipun lantai vinil cocok untuk segala jenis ruangan, Anda tetap perlu mempertimbangkan apakah akan terkena kelembapan konstan atau suhu tinggi. Misalnya, warna lantai vinil akan memudar jika terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama, jadi hindari pemasangan vinil di area outdoor. Lagi pula, Anda ingin lantai Anda bertahan lama!

Penggunaan sehari-hari
Terlepas dari reputasinya yang tahan lama, lantai vinil masih rentan terhadap kerusakan atau sobek. Jadi, Anda perlu mempertimbangkan berapa banyak lalu lintas pejalan kaki yang akan terjadi di area rumah Anda yang bersangkutan. Untuk rumah keluarga yang sibuk, Anda mungkin perlu membeli vinil yang lebih tebal untuk ruang tersibuk di rumah Anda. Misalnya, ruangan seperti dapur mungkin membutuhkan lantai yang lebih tebal.

Lingkungan
Lantai vinil tahan lama – tetapi Anda tetap perlu mewaspadai benda tajam, muatan berat, atau furnitur berukuran besar. Jauhkan dari apa pun yang dapat melukai atau menggores permukaannya. Selain itu, Anda juga perlu menghindari memasangnya di tempat dengan peralatan besar.

Lantai/bawah lantai saat ini
Lebih mudah memasang vinil pada permukaan yang rata, halus, dan bersih. Meletakkan vinil di atas lantai yang cacat mungkin rumit karena cacat tersebut akan muncul di bawah lantai vinil yang baru. Dalam banyak kasus, yang terbaik adalah menambahkan lapisan lapisan bawah, yang juga dapat memberikan rasa yang lebih baik dan nyaman pada kaki Anda. Underlayment adalah bahan tipis yang memberikan bantalan ekstra sekaligus membantu penyerapan dan insulasi suara.

Memakai lapisan
Perhatikan lapisan keausan! Ini paling memengaruhi daya tahan lantai. Lapisan keausan yang lebih tinggi akan memberikan ketahanan yang lebih baik terhadap kerusakan seperti goresan dan penyok – tetapi juga lebih mahal.

Jenis lantai vinil yang paling umum untuk properti Anda
Jika Anda mencari tampilan lantai batu atau kayu yang cantik, tetapi Anda membutuhkan sesuatu yang lebih tahan lama dan hemat anggaran, lantai vinil adalah pilihan lantai yang ideal! Di sini kami mencantumkan tiga jenis vinil dan atributnya yang berbeda untuk membantu Anda memilih lantai vinil yang paling cocok untuk properti Anda.

Lantai vinil di pasaran saat ini dapat mengambil beberapa bentuk, termasuk lantai vinil lembaran, ubin komposit vinil (VCT), dan tipe terbaru, ubin atau papan vinil mewah (dikenal sebagai LVT atau LVP).

Lantai vinil lembaran
Seperti namanya, vinyl jenis ini hadir dalam lembaran gulungan besar yang dapat dipotong agar sesuai dengan seluruh area lantai. Lantai vinil lembaran telah ada selama beberapa waktu; namun, teknologi modern memungkinkan lembaran vinil meniru tampilan asli lantai kayu dan batu. Ini juga lebih mudah dan lebih cepat untuk dipasang, menjadikannya salah satu pilihan paling populer.

Lantai lembaran vinil serbaguna sangat bagus untuk setiap ruangan di rumah Anda. Seprai fleksibel ini adalah pilihan yang sangat bagus untuk area dengan lalu lintas tinggi seperti dapur, atau area rawan kelembapan seperti area binatu. Namun, hindari memasang lembaran vinil di toilet karena kelembapan yang berlebihan dapat menumpuk dan merusak vinil!

Namun, lembaran vinil dimaksudkan hanya untuk permukaan yang rata dan halus. Jika lantai tidak rata atau rusak berlubang, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan kontraktor untuk lapisan bawah atau screed semen.

Lantai vinil mewah / papan vinil mewah (LVP)

Lantai kayu keras dapat memberikan sentuhan akhir yang sempurna pada rumah Anda. Namun, harganya bisa sangat mahal. Jika Anda menginginkan lantai yang menyerupai lantai kayu – dikurangi bagian yang mahal – pertimbangkan untuk membeli papan vinil mewah (LVP).

LVP terbuat dari bahan mineral berbahan dasar batu kapur yang dicampur dengan PVC, dengan lapisan bawahnya memberikan perlindungan terhadap kelembapan dan mencegah penyusutan. Lapisan atasnya dilindungi oleh lapisan keausan dan lapisan UV untuk mencegah lantai tergores.

LVP direkayasa untuk dipasang baik menggunakan metode glue-down atau floating. Dalam metode mengambang, masing-masing papan dikunci bersama menggunakan sistem lidah dan alur bawaan. Papan kemudian diletakkan langsung ke subfloor atau di atas lapisan bawah. Ini seringkali merupakan metode terbaik karena tidak ada kekacauan perekat yang harus ditangani. Sedangkan dengan metode glue-down, perekat dioleskan ke papan vinil sebelum direkatkan langsung ke subfloor. Cara ini membutuhkan kesabaran tingkat tinggi agar mendapatkan hasil pemasangan yang rapi.

Keuntungan LVP:

Tahan air
Dapat menahan kelembapan, terutama pada kondisi cuaca lembab dan tropis
Tahan terhadap goresan dan lecet
Tebal dan nyaman
Menyerupai lantai kayu yang realistis tetapi tidak semahal itu
Mudah dirawat
Kekurangan LVP:

Lebih mahal dari dua lainnya
LVP yang direkatkan mungkin sulit untuk dilepas/diperbaiki jika diperlukan

Kami membuka dan mengajak rekan-rekan jika ingin bergabung memasarkan produk kami. Kami akan memberikan harga khusus untuk toko-toko/kontraktor atau distributor dan kami akan mengirimkan sample gratis untuk bahan pertimbangan.

Segera hubungi kami untuk untuk pembelian lantai Vinyl dan SPC kami akan memberikan Free Sample dan Free Ongkir Untuk Wilayah Jabodetabek

PT. KURT INDO JAYA
Telp: (021) 5973 1105
WhatsApp:
 081296003255
Instagram: @berenfloor

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *